20 July, 2009

tips menghapus seluruh isi gmail

salah satu indikasi exist seorang manusia online adalah tiap hari menerima banyak email :) entah berbagai milis, update social networking status dan berbagai email personal.

penyakitku yang mungkin tidak berkorelasi dengan indikasi diatas adalah males nghapusin email-email yang terbaca apalagi yang tidak terbaca. teori yang aku harapkan seiring dengan perkembangan teknologi adalah email storage will be unlimited hehe

sejak memiliki account gmail tahun 2006 dan bergabung dengan bnyk milis, hari ini peringatan untuk menghapus atau mengupgrade account tersebut tercantum dengan manis. aku hampir menghabiskan quota yang ku miliki.
You are currently using 7214 MB.MB (95%) of your 7350 MB.
bisa juga upgrate quota dengan membayar sesuai penawaran google.

kebayang ribetnya menghapus email-email tersebut.. hanya 78ribu sekian :)
dengan tampilan sort sebanyak seratus email perpage aku harus melakukan tujuh ratus delapan puluh sekian select all dan delete.. tanpa googling tutorial aku pikir hanya itulah yang bisa dilakukan, dan itu ku lakukan sekian kali, untungnya ada akses koneksi yang cukup gede dan stabil si speedy unlimited kantor.

tiba-tiba aku membaca sederatan kalimat bahwa ternyata ada fungsi untuk menghapus semua email sekaligus , waduh untung banget tips menghapus seluruh email/conversation dalam satu account gmail itu cukup gampang, berikut langkah-langkahnya :

  • pilih select all kemudian muncul pemberitahuan "All 100 conversations on this page are selected. Select all jumlah conversations in inbox/trash/etc" pilihan apakah ingin memilih seluruh email/conversation tersebut. pilihlah select all conversation.
  • pilih delete untuk menghapus semua isi inbox/trash/etc tersebut.
  • maka berikutnya akan muncul konfirmasi apakah yakin untuk menghapus keseluruhan email conversation tersebut. pilih ok.
keseluruhan email yang telah dihapus masih akan tersimpan di dalam fitur trash yang dimiliki account gmail. lebih praktis menghapus semuanya lalu kemudian mengembalikan sejumlah email yang masih cukup baru dan penting ke inbox dari pada menghapus maksimal seratus-seratus email dari awal/oldest email.

ada pilihan "empty trash now" yang dapat diklik untuk menghapus semua email tersebut (tidak dapat dikembalikan lagi ya..). secara sistem email yang ada di folder trash akan terhapus otomatis setelah 30 hari.

6 comments:

  1. wah ide bagus tuh, aku jg males klak sana klik sini buat hapus ribuan email

    makasih infonya

    ReplyDelete
  2. manteb info nya..

    ReplyDelete
  3. thanks gan. ngapus 40rb email gk pake ribet =='

    ReplyDelete

the cool visitor said :