10 February, 2009

memberi buat anak jalanan

dilema buatku setiap kali ada tangan kecil teracung memohon sedikit belas kasihan, bukan masalah seribu or lima ribu perak uang yang diberikan, bukan masalah anak tersebut membuatku terganggu, bukan kuatir masalah kriminal, kasihan yang berlebihan atau apapun itu..

rasanya ga sanggup menggelengkan kepala dan membuang muka ke arah lain,
hanya sekali-sekali selalu buatku tak sampai hati. apalagi kalau anaknya masih kecil, ow bagaimana kalau berada diposisi sebaliknya, mungkin.. jangankan menyanyi, bernafas sajapun kalau aku yang jadi mereka sudah enggan..

bertolak belakang dengan idealis beberapa waktu yang lalu, ketika merasa paham bahwa anak-anak itu harus dijauhkan dari jalanan, jangan diberikan uang, berilah makanan, susu atau benda bermanfaat lainnya. mereka acapkali dimanfaatkan segelintir orang bejat bahkan orangtuanya sendiri atau anak-anak itu sendiri yang sudah merasakan gampangnya dapat duit.

entahlah, emang enak apa panas-panas nyanyi2 di perempatan jalan pake krencengan buat beberapa ribu rupiah. terkadang pilihan itu bukan cuma baik atau buruk, hitam atau putih, tapi kadang-kadang ada abu-abu atau hitam, hitam atau hitam sekali, buruk atau buruk sekali.. tidak-tidak, biarlah menyesal tidak mendukung kak Seto, Komisi Anak dan LSM lainnya..

aku cantumin beberapa program lengkap baru dengan situs ataupun blog yang dapat menjadi bahan buat berbagi milik orang-orang berdedikasi diriku cuma menuliskannya ya :), salut, semoga niat baiknya tetap menjadi berkat buat anak-anak ;

- sepatu untuk sahabat
Melalui program ini, masyarakat dari segala lapisan usia diajak untuk mau membantu anak-anak untuk memperoleh sepatu yang sangat berguna untuk kegiatan belajar dan aktivitas mereka sehari-hari dengan cara menyumbang Rp50.000 untuk dibelikan sepasang sepatu dan kaos kaki putih, dibagi-bagikan untuk anak marginal di jabodetabek.

-
Coin A Chance! drop, collect, send those kids back to school!
Melalui gerakan ini berusaha mengajak kawan-kawan, kerabat, keluarga, juga para netters (blogger, plurker, facebooker…) untuk mengumpulkan ‘recehan’ atau uang logam yang bertumpuk dan jarang digunakan. Uang yang terkumpul akan ditukarkan dengan ’sebuah kesempatan’ bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan sekolah lagi. kita bisa jadi coiners yang mengumpulkan koin or sekedar coin droppers.

- 1001buku,
organisasi nirlaba yang mewadahi relawan dan taman bacaan anak yang dikelola komunitas. 1001buku bertujuan untuk menyediakan akses pada bacaan berkualitas bagi anak-anak yang kurang beruntung. Hingga saat ini, Komunitas 1001buku telah mengumpulkan dan mendistribusikan lebih dari 40.000 buku, ribuan relawan dan simpatisan, puluhan Book Drop Box (tempat pengumpulan buku), dan mendukung ratusan perpustakaan/taman bacaan anak yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

programnya bagus-bagus.. kami pernah melakukan pengumpulan koin seperti itu di gereja, dan uang yang terkumpul diberikan ke Panti Asuhan Elim. anak-anak menyisihkan bahkan seminggu tidak jajan agar dapat menyumbangkan ke sana. taman bacaan lagi buat, praise Lord sudah soft launching, tinggal beli sepatu ini ya, yah ga tau juga sih apa mereka belikan sepatu..

masih banyak lagi sih sarana share yang lain, 3 dulu.

1 comment:

  1. hai...saya devi..
    saya mau tanya dunk .. ada ya komunitas 1001 buku? dimana ya?wah, saya juga tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai anak jalanan. boleh gabung? :)

    ReplyDelete

the cool visitor said :