20 October, 2008

Digit ke 3 dan 4 pada nomor telepon seluler

Pernah nyoba bermain-main dengan nomor telepon seluler kamu? Kalau belum pernah, digit ke 3 dan/atau ke 4 pada nomor seluler itu bisa kita ganti-ganti dengan nomor berbeda (asalkan dari produk perusahaan yang sama) dan tampilan caller id tetap sama seperti yang sudah tersimpan di-phone book sebelumnya.

Jadi waktu kita mendial nomor seluler yang berbeda digit 3 dan/atau 4 dengan nomor seseorang yang nomornya sudah kita simpan, caller id tetap menampilkan nama hp orang yang sama padahal jelas-jelas nomornya berbeda. Misalnya produk Satelindo antara Matrix, Mentari dan Im3 dan juga antara produk Telkomsel antara Halo, Simpati dan As. (Halo yang 10 digit tidak bisa)

Contohnya begini, saya menggunakan matrix no. 0815331002xx
Nomor itu saya simpan di memori telepon seluler saya, maka kalau saya menelepon ke nomor sendiri dengan menekan langsung 0815331002xx ataupun menekan id saya sendiri tentu saja nomor itu tidak dapat dihubungi dengan menampilkan nada sibuk (ya sibuklah, org dipakai menelepon diri sendiri..)

Tapi coba kalau digit ke 3 dan ke 4 saya ganti dengan nomor lain yang masih produk perusahaan yang sama, misalnya menjadi 0856331002xx… tralalala… caller id handphone saya menunjukkan bahwa saya sedang melakukan panggilan ke nomor saya sendiri. Kurang menarik karena kebetulan nomor kartu Im3 itu tidak dipakai atau tidak benar/lengkap, tetapi saya cukup surprise melihat caller id di layar monitor hp muncul menunjukkan nama saya sendiri yang sengaja saya simpan terlebih dahulu.


Kemudian saya coba dengan menekan nomor handphone yang tersimpan di hp saya yang lain, adik saya memakai As dengan nomor 08529778****, nomor itu telah tersimpan di hp saya dengan nama adik saya. Saya ganti dengan menekan 08139778****, dan caller id yang muncul di hp saya adalah nomor adik saya walaupun nomor yang saya tekan itu tidak sama dengan nomor hp adik saya.


Dan kali ini ada nada sambungnya dan nada tunggu lagunya jelas-jelas berbeda yang dipakai adik saya ! kalau saya tunggu mungkin ada yang mengangkat adalah orang lain, karena bisa jadi kebetulan nomor Simpati itu ada yang pakai.. Padahal adik saya sendiri sedang terbang di angkasa sana, dan ketika saya kembali menghubungi nomor hp dengan mengganti digit 3 dan 4 dengan yang dipunyai adik saya memang beneran tidak aktif.

Saya coba dengan menelepon no teman saya dengan mengganti digit 3 dan 4-nya, teman saya pakai Simpati 08137046****. Ditukar menjadi 08527046****, waktu saya coba, dia tepat duduk di depan saya ketika caller id hp saya menunjukkan panggilan namanya tetapi yang yang angkat orang lain. Sementara hp-nya sendiri jelas-jelas tidak menerima panggilan apapun.


Mengapa caller id memunculkan nama orang yang jelas-jelas nomornya itu berbeda dengan nomor yang kita panggil.


Saya makin penasaran dan coba berganti-ganti dengan nomor yang lain.
Nomor teman saya Im3 yaitu 085666316*** saya ganti digit 3 dan 4 menjadi 081566316***, nama yang muncul di caller id hp saya adalah nama teman saya… walaupun operator mengatakan bahwa nomor yang saya tekan tidak lengkap.

Saya coba dengan menelepon dan mengganti nomor Simpati teman saya 0812634**** menjadi 0813634****, operator mengatakan kalau nomor tersebut tidak lengkap tetapi caller idnya menunjukkan nama teman saya dan saya sedang menghubungi nomor seluler teman saya tersebut padahal nomor yang saya tekan berbeda digit ke 4-nya..

Kemudian coba lagi dari nomor Simpati adik perempuan saya 081361631*** mengganti sebaliknya menjadi 081261631*** dan kembali pesan operator yang sama, walaupun caller id tetap menunjukkan saya memanggil nomor adik saya.


Dan sepertinya jumlah digit juga berpengaruh, masing-masing harus memiliki jumlah digit yang sama misalnya As 13 digit dengan Simpati yang 13 digit juga dan seterusnya.


Dari beberapa kali percobaan saya baru menemukan 2 nomor yang dapat saya panggil dengan menukar nomor digitnya dengan menampilkan caller id orang yang saya kenal tetapi yang angkat orang lain..


Kalau digit 3 dan 4 diabaikan, harusnya nomor yang hanya berbeda digit 3 dan 4 untuk masing-masing provider itu tidak dipakai oleh nomor lain kan ?


Saya coba dari hp yang berbeda merknya ternyata sama, lucu juga..
Kenapa bisa seperti itu ya ?

Google translate Digit 3 and 4 on the number of cellular phone

4 comments:

  1. betul juga...
    Saya juga uda coba..
    tapi saya juga tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi..
    MUngkin saya akan tanyakan kepada pihak yang berwenang.
    hehehe....

    ReplyDelete
  2. ada hubungannya gak ya? Sudah 2 kali hpku dihubungai oleh nomor temenku, tetapi 2 temenku yang berbeda itu mengaku tidak pernah menelepon, dan di hp mereka tdk ada recordnya, pdhl di recordku jelas2 nomor mereka yang menelopn. Dua temenku ini beda kota dan tidak saling kenal, dan aku tahu betul mereka tidak suka iseng.

    ReplyDelete
  3. terus kesimpulannnya apa?

    ReplyDelete

the cool visitor said :