10 November, 2008

bLz gpL !!!

salah satu yang menjadi tanda pengenal dalam dunia per-sms-an adalah gaya penulisan sms tsb.
kalau ga pakai singkatan bisa diperkirakan usia pengirim <> 40 thn, berhati-hatilah bercanda dengan pengirim sms seperti ini :)
kalau pakai singkatan at least hanya menghilangkan beberapa huruf vokal dan sesuai eyd,
ssuai, ga, udh, entahlh, biasany, mlkukn n etc bisa diperkirakan juga usianya berkisar 25 s/d 40 tahun, sms just message toh..
dan usia 8 s/d 25 tahun merupakan generasi sms, jadi mungkin karena teknologi ini lahir dan berkembang pesat di jaman mereka.

selama ini saya paling menyingkat kata itu sesuai eyd, baik untuk sms dan email, yah catet.. paling tidak masih bisalah dimengerti oleh orang-orang yang membacanya.. sesuai umur ;p
blog memberi kesempatan untuk menulis secara benar dan santai, mengurangi kebiasaan menyingkat kata, balance gt deh

tapi segaul-gaulnya (menurut saya) saya selama ini, tetap aje kuper kalau gaul or smsnan ama abege.. katakanlah khususnya anak2 kelahiran 90-an, padahal referensi saya itu top abies om google, tante wiki, gaul kaskus dan khusus bahasa slang si chubby urban dictionary. saya berterimakasih secara khusus buat url terakhir yang membuat saya ga terlalu gaptek dan kuper banget :D
adik-adik saya itu palingan gaulnya di friendster..


what a funny world, kebiasaan mengetikkan sms huruf tOgGle CaSe, itu masih biasa aja, di microsoft word juga ada tuh fasilitas change case gitu..
tapi ini singkatannya ga familier, dan kebayang betenya menerima pesan yang kita ga tahu kepanjangannya itu apaaaa... dengan ditambahtanda baca yang over..

kebayang tante saya protes kepada anak-anaknya dan membuat peraturan baru "kalau sms sama mama tidak boleh pakai singkatan dan huruf-hurufnya harus teratur kalau mau smsnya dibales"

dengan semakin bertambahnya usia saya, jurang pemisah yang semakin terbentang dengan generasi itu membuat kontak antara saya dan mereka menjadi masalah buat saya sendiri,
hari ini mengernyitkan kening mengartikan 'bLz, gpl..'
waktu menerima dan membaca sms itu saya tidak berani langsung membalas, maklum takut salah mengartikan "gpl" di kepala saya singkatan itu absurd, global position what.. goyang pinggul what, suwer ga ngerti
saya berniat browsing dulu nanti buat mencari tahu artinya, seumur ini saya belum pernah mengirimkan singkatan seperti ini, iseng nanya ama teman kantor.. apa sih artinya GPL, oh my God dia tahu, ternyata "ga pake lama.."

anak smu ini selalu mengirimkan bls, blz, Blz disetiap sms yang dikirimkan ke saya, dan entah kenapa mengetikkan kalimat balas seperti itu mengingatkan saya pada pemberian tanda centang 'high priority' untuk email yang dikirimkan, jadi males balasnya..

ini koleksi sms abege yang kebetulan masih ada di hp saya :
'Kak,bleh tw gak??, nTar LngsgNg d"sdiakan za a Yeah, jNg kYk MngGu Llu k"k Qta a .. aduh, ngeri kali ku rasa, ga mengerti saya maksudnya..
"byr ntr tU ZA Dpake kLW mw lathn, dah d' humz ... " dengan hening cipta beberapa menit saya baru ngerti humz itu home hiks..

"blez a ksini ja," ini lagi, nomornya sampai delapan di telepon saya, dan untuk menghubunginya saya harus menelepon satu-satu atau mengsms saja sekaligus ke semua nomornya untuk tahu yang mana yang aktip..

dan yang paling buat sebel adalah penggunaan tanda baca seru dan tanya yang lebih dari satu..
menurut etika, penulisan tanda seru satu adalah teriak, penekanan keras, kalau dua sudah marahlah itu, kalau tiga atau lebih.. seperti begini..
"Blz, gPl !!!"
"bLeh ga Ka ???", "kK ke saLon ?????"
"corry X k,,, "
"ka Rul, mtw Za!!!!!!!!!!"

ga capek apa mencet-mencet keypad hp gt, mana tanda baca juga kan letaknya di menu khusus, lalu klik tanda panah atas bawah kiri kanan.. mana di hp ga ada copy paste gitu deh..

dulu jaman awal dunia per-sms-an, saya nyengir waktu ditegur salah satu inang (orang tua perempuan) di gereja saya karena dia ga ngerti singkatan yang saya gunakan dan minta supaya setiap ada pesan ke beliau, selain ga disingkat juga jangan pake bahasa english :D

sekarang saya mungkin harus berpesan kepada anak-anak itu, dan mungkin gantian mereka nyengir dibelakang saya..

No comments:

Post a Comment

the cool visitor said :