27 June, 2009

garuda di dadaku dan king

hari ini menemani dua adik sepupuku ke 21, tia naik kelas tiga smp, dan dela naik kelas tiga sd. mereka sedang libur sekolah, dan sebagai hadiah karena mendapat juara maka bolehlah adik-adik yang sering dititipkan ke rumahku dulu ketika mereka masih belum sekolah dan sedang tidak ada yang jaga ini ditraktir jalan, nonton dan makan-makan.

i luv them both, sering kangen kalau tidak jumpa lama. begitulah keluarga besar, dulu mamanya yang ikutan menjaga dan mentraktirku di masa kanak-kanak dan era penuh nestapa jaman aku masih kuliah hehehe..

della mau garuda di dadaku sedang tia maunya nonton king, aku yang mana saja ga masalah, asalkan mereka suka dan betah :D

daripada salah satu merajuk, akhirnya kami nonton keduanya. ga menyesal, keduanya menarik, inspiratif, mendidik, penuh pesan moral dan pendidikan, ada semangat pluralitas, persahabatan yang kental, sportivitas, nasionalisme dan tidak mudah menyerah.

semuanya dikemas di dalam dunia anak-anak yang dikemas lugas dan menghibur. acapkali kami tertawa terbahak-bahak dan yang tidak kalah keren kualitas gambar, king lebih menampilkan visualisasi indah latar belakang dan tampilan pemandangan berbagai latar belakang alam yang super keren. dan kemudian penata musik dan aransemen keduanya sama yaitu aksan dan titi sjuman. ituloh yang penata musiknya laskar pelangi juga. bahkan untuk garuda di dadaku scoring musiknya ditampilkan oleh beijing simphony orchestra di beijing, cina. kok jauh? ga tau deh hehehe

tia lebih suka king, della tampaknya lebih tertarik mengomentari bioskopnya. aku pribadi kalau harus memilih antara keduanya, hm... aku memilih garuda di dadaku, ada semangat nasionalisme yang kental :D


mengingatkan kembali pesan-pesan lambang negara kita Garuda Pancasila, mengajarkan anak-anak bahwa Garuda itu bukan sekedar simbol, hafalan dan gambar. Indonesia dipersatukan oleh lambang tersebut, ada kebanggaan, ada cinta tanah air dan toleransi walaupun berbeda-beda. sikap positif untuk bermimpi dan berusaha sesuai dengan pandangan hidup bangsa.


Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku
Kuyakin hari ini pasti menang
Kobarkan semangatmu, tunjukkan mobilitasmu
Kuyakin hari ini pasti menang

king merupakan film yang diadaptasi dari latar belakang kesuksesan liem swie king, pada bagian akhirnya menunjukkan profil atlet bulutangkis yang juga mengharumkan nama bangsa. atlit-atlit yang lahir dari tempaan didikan keras dari sejak kecil di djarum kudus, terharu melihat lahirnya bintang-bintang yang besar.
mereka berani jauh dari orangtuanya, latihan setiap hari dengan sungguh-sungguh. mengingatkan anak-anak dan juga orangtua beserta kakaknya bahwa keberhasilan dibayar mahal walaupun kemudian buahnya sangat manis, tidak bisa jadi atlit kalau latihannya di playstation dan game online :D

di film itu kita bisa melihat bahwa hanya kerja keras, latihan berdisiplin, berusaha, berani bermimpi dan bantuan orang-orang yang ada di sekitar kitalah yang mampu mewujudkan cita-cita kita. siapapun dia, orangtua, tetangga, teman bahkan orang sekampung yang akan sangat bangga untuk keberhasilan kita.


jayalah industri film dalam negri, apreasi kami buat setiap usaha untuk menciptakan dan menghasilkan film anak-anak yang mendidik dan nasionalis.

No comments:

Post a Comment

the cool visitor said :